Tenteram

           Tenteram, sebuah kondisi hati yg tenang, aman, damai, bahagia; hanya dapat dicapai dgn satu cara, walau terkadang bisa didapatkan oleh seseorang setelah melalui beberapa peristiwa hidupnya, termasuk peristiwa kesalahan. Manusia hidup bisa terjatuh pd kesalahan, namun fitrah kebaikannya akan mengajaknya bangkit utk bertaubat, kembali kpd kebenaran, kepada Allah.

  ” … Sesungguhnya Allah memberi petunjuk orang yg bertobat kepada-Nya.
         (yaitu) orang-orang yg beriman
         dan hati mereka menjadi tenteram dgn mengingat Allah.

Ingatlah, hanya dgn mengingat Allah hati menjadi tenteram.
Orang-orang yang beriman & mengerjakan kebajikan,
mereka mendapat kebahagiaan & tempat kembali yg baik. “

(dari QS. Ar-Ra’d 27-29)

                Hanya dgn mengingat Allah hati menjadi tenteram, hanya dgn beriman kepada Allah, berbuat kebajikan, hanya dgn Islam hati menjadi tenteram. Ketenteraman itu berbanding lurus dgn ketaatan kpd Allah, semakin taat kpd Allah semakin kuatlah ingatnya kpd Allah & semakin tenteramlah ia. Untuk semakin taat, seorang butuh semakin mengenal, butuh ilmu, Quran & Sunnah & semua ilmu utk memahaminya dgn baik & benar. Semakin diketahui, dipahami, diamalkan & didakwahkan mk akan semakin kuat. Dan semua itu butuh kesabaran, juga teman utk saling menasihati dgn kebenaran & kesabaran. Jika semua ini benar² dijalani di jalan Allah dgn tulus ikhlas & mengikuti Rasul maka itu semua akan terasa indah & tenteram. Dan blog Tenteram daw8.blogspot.com semoga dapat turut serta dalam usaha ini, aamiin.

 Selamat menjelajahi isi blog ini, selamat membaca, semoga bermanfaat.. .

selengkapnya:  Tenteram

Dialah Allah Yang Tiada Tuhan Yang Berhak Disembah Selain Dia

Allah Tuhan Penguasa alam semesta mengabarkan kepada kita bahwa Dia adalah Tuhan yang tidak ada tuhan yang berhak disembah / diibadahi selain Dia. Dia mengetahui yang ghaib (tidak terlihat/tersembunyi) dan yang nyata. Dia Maha Pemurah/Pengasih lagi Maha Penyayang.

Allah berfirman,

هُوَ ٱللَّهُ ٱلَّذِى لَآ إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ

Dialah Allah Yang tiada Tuhan yang berhak disembah selain Dia.

عَٰلِمُ ٱلْغَيْبِ وَٱلشَّهَٰدَةِ

Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata,

هُوَ ٱلرَّحْمَٰنُ ٱلرَّحِيمُ

Dialah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.

(Al-Quran Surat Al-Hasyr Ayat 22)

Bahwa kita tidak perlu beribadah / mengabdi / menyembah kepada selain Allah karena hanya Allah lah satu-satu-Nya Penguasa alam ini dan Allah Maha Mengetahui , Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.

Allah Maha Mengetahui, tidak ada yang lebih mengetahui daripada Allah. Pengetahuan makhluk sangat sedikit dibandingkan pengetahuan Allah.

Allah Maha Pemurah/Pengasih dan Penyayang, tidak ada yang lebih Pengasih dan Penyayang daripada Allah. Kasih sayang makhluk sangat sedikit dibandingkan dengan kasih sayang Allah.

Referensi: https://tafsirweb.com/37644-quran-surat-al-hasyr-ayat-21-24.html